PENGARUH SRUKTUR MODAL, DEBT TO ASSET RATIO, PROFITABILITAS, DAN PERENCANAAN PAJAK TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Ananda Wiyeta

Keywords: struktur modal, Debt To Asset ratio, profitabilitas, perencanaan pajak, Nilai perusahaan


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh Struktur Modal, Debt To Asset Ratio, Profitabilitas, dan Perencanaan Pajak terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan sektor Idustrials yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2019-2022. Nilai Perusahaan merupakan sebuah komponen penting untuk menarik perhatian para investor dikarenakan  jika semakin banyak investor maka kemakmuran pemilik perusahaan akan semakin tinggi sehingga membuat indikator saham akan ikut meningkat.

Penelitian ini menggunakan perusahaan sektor Idustrials yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2019-2022. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 64 data dengan 18 perusahaan, sampel diambil dengan metode purposive sampling dengan metode analisis. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan software tambahan, yaitu SPSS 26.

Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan tingkat signifikansi sebesar 5%. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan data berdistribusi normal, terhindar dari multikolinearitas, autokorelasi, dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa Struktur Modal dan Profitabilitas berpengaruh terhadap manajemen pajak. Sedangkan untuk Debt To Asset Ratio dan Perencanaan Pajak tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan dalam penelitian ini hanya dapat menjelaskan varians dari variabel dependennya sebesar 47,1%.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang pengaruh Stuktur Modal, Debt To Asset Ratio, Profitabilitas, dan Perencanaan Pajak terhadap Nilai Perusahaan. Adapun saran yang dapat diberikan terhadap penelitian selanjutnya adalah agar peneliti menambahkan variabel-variabel independen yang lain seperti Good Corporate Goverance, Corporate Social Responsibility, Carbon Emissions Disclosure, ataupun variabel lainnya. Memperluas sektor & periode penelitian agar data yang diteliti dapat mewakilkan perusahaan-perusahaan dengan sektor yang berbeda yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.


References

Ayem, S., & Tia, I. (2019). Pengaruh Perencanaan Pajak, Kebijakan Dividen dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan LQ45 Yang Tercacat Dalam Bursa Efek Indonesia) Periode 2012-2016. Jurnal Akuntansi Pajak Dewantara, 1(2), 181-193.

Bintari, V. I., & Kusnandar, D. L. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 27(1), 89-99.

Dewantari, N. L. S., Cipta, W., & Susila, G. P. A. J. (2019). Pengaruh ukuran perusahaan dan leverage serta profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan food and beverages di BEI. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 74-83.

Dewi, L. S., & Abundanti, N. (2019). Pengaruh profitabilitas, likuiditas, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(10), 6099.

Husna, A., & Satria, I. (2019). Effects of return on asset, debt to asset ratio, current ratio, firm size, and dividend payout ratio on firm value. International Journal of Economics and Financial Issues, 9(5), 50-54.

Mudjijah, S., Khalid, Z., & Astuti, D. A. S. (2019). Pengaruh kinerja keuangan dan struktur modal terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi variabel ukuran perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 8(1), 41-56.

Pangestu, J. C. (2021). Pengaruh Corporate Financial Performance Terhadap Stock Return: Analisa Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Indonesia Stock Exchange. Jurnal Penelitian Akuntansi (JPA), 2(2), 132-147.

Stephanie, S., & Agustina, D. (2019). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan pada Perusahaan Non–keuangan yang Terdaftar di Bei. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 21(1a-2), 141-152.