PENGARUH PERENCANAAN PAJAK, PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Suryawati Setiawan

Keywords: Perencanaan pajak, profitabilitas, likuiditas, leverage, ukuran perusahaan, nilai perusahaan


Abstract

Dalam penelitian ini Nilai perusahaan menjadi sebuah tujuan dalam  perusahaan dalam memberikan info yang akurat dan informasi baik dalam pihak-pihak yang memiliki kepentingan seperti calon investor untuk bisa lebih lagi dalam mempertimbangkan hal- hal apa saja yang dapat memberikan manfaat sebelum melakukan investasi pada sebuah  perusahaan.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur sektor Consumer Cylicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2019-2021. Dalam penelitian ini menggunakan Teknik purposive sampling, pengujian analisis regresi berganda sebagai Teknik didalam mengumpulkan data. Data diolah menggunakkan program SPSS 25.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pajak dan leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan likuiditas dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan.

Dalam penelitian ini diharapkan nantinya dapat menjadi solusi untuk melakukan perencanan pajak yang baik untuk perusahaan tanpa harus melanggar undang-undang pajak yang berlaku di Indonesia.


References

Aji,W.A, & Atun, F.F., 2019. Pengaruh Tax Planning, Profitabilitas, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018). Jurnal Ilmu Akutansi dan Humanika. Vol. 9 (3), pp: 2599-2651. [Online] Available: https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/google/5210?q=profitabilitas. [diakses 07 Januari 2023].

Maulinda, H., & Hermi, 2022. Pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan Corporate Sosial Responsibilty sebagai variabel moderasi”. Jurnal Ekonomi Trisakti. Vol. 2 (2), pp: 1923-1932. [Online]Available:https://ejournal.trisakti.ac.id/index.php/jet/article/view/14885. [diakses 07 Januari 2023].

Pangestu, J. C., & Hirliana, D. I. (2023). Analisis Memprediksi Financial Distress Dan Faktor Pengaruhnya Pada Perusahaan Pertambangan Bei Tahun 2019–2021. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 7(3), 1861-1868.

Pangestu, J. C., Margaretha, P., & Valentino, T. (2022). ANALISIS BEBAN IKLAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DAN TINGKAT UTANG PERUSAHAAN PADA NILAI PERUSAHAAN SELAMA MASA PANDEMIK COVID-19. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 10(2), 240-248.