PENGARUH TERPAAN IKLAN NCT DREAM X LEMONILO DI YOUTUBE DAN BRAND IMAGE LEMONILO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FOLLOWERS @NCTDREAMSTATION

Kristina Liau

Universitas Bunda Mulia

Stephani Kurniawan

Keywords: Terpaan Iklan, Brand Image, Keputusan Pembelian


Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap mie instan yang memiliki inovasi baru sebagai mie instan yang terbuat dari produk-produk organPenelitian ini berusaha untuk mencari tahu tentang pengaruh terpaan iklan NCT Dream x Lemonilo di Youtube dan brand image Lemonilo terhadap keputusan pembelian followers @nctdreamstation.

Jenis penelitian ini yaitu eksplanatif dan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori media exposure yang berfokus kepada terpaan iklan NCT Dream x Lemonilo, teori citra yang berfokus kepada brand Image Lemonilo, dan teori The Reasoned of Action yang berfokus kepada keputusan pembelian konsumen, hal ini berfokus kepada pesan persuasif dalam iklan NCT Dream x Lemonilo yang menjadi objek penelitian, dan subjek penelitian ini adalah followers dari @nctdreamstation.

Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (Uji F) didapatkan bahwa F hitung 27,529 > 3,09 F tabel dengan signifikansi 0,000. Karena signifikansi 0,000

< 0,05, maka dapat dikatakan bahwa terpaan iklan NCT Dream x Lemonilo (X1) dan brand image Lemonilo (X2) mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian mie Lemonilo (Y). hasil pengujian secara parsial (Uji T) didapatkan variabel terpaan iklan NCT Dream x Lemonilo (X1) memiliki nilai T hitung sebesar 2,668 > 1,984 T tabel dengan signifikansi 0,009 < 0,05, maka hal ini dapat disimpulkan bahwa variabel terpaan iklan NCT Dream x Lemonilo berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). pada variabel brand image (X2) diperoleh T hitung sebesar 5,036 > 1,984 T tabel dengan signifikansi 0,000 < 0,05, maka brnad image Lemonilo (X2) memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Uji T variabel X1 dan X2 berpengaruh terhadap variabel Y, dan pada uji F variabel X1 dan X2 berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y.


References

.